VISI
Hadirnya Kurikulum Merdeka dan Kurikulum ISMUBA menjadi salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia yang sesuai dengan kebutuhan zaman. Dalam Kurikulum Merdeka, peserta didik tidak hanya dibentuk menjadi cerdas, namun juga berkarakter sesuai dengan nilai-nilai 8 Dimensi Profil Lulusan dan Profil Pelajar Berkemajuan.
Untuk menghasilkan lulusan yang sesuai dengan 8 Dimensi Profil Lulusan dan Profil Pelajar Berkemajuan, SMP Muhammadiyah 2 Gamping menyusun Visi, Misi dan Tujuan Sekolah yang sejalan dengan berbagai dimensi yang termuat dalam 8 Dimensi Profil Lulusan dan Profil Pelajar Berkemajuan.
Visi SMP Muhammadiyah 2 Gamping adalah:
“Terwujudnya Sekolah Unggul dan Ramah Anak dengan membentuk Kader Muhammadiyah yang Sholeh, Cerdas, Berprestasi”
Indikator Visi
Kader Muhammadiyah yang Sholeh/berimtaq, terwujud dalam bentuk:
-
Tertib Beribadah.
-
Tertib Belajar.
-
Memiliki Disiplin Tinggi, Sopan Santun, Bertanggung Jawab.
-
Berkepribadian Islami.
-
Unggul dalam Keshalihan Sosial.
-
Unggul dalam Kedisiplinan.
-
Menjadi Kader Muhammadiyah.
-
Aktif dalam Organisasi Otonom Muhammadiyah (IPM, HW, Tapak Suci, Pemuda Muhammadiyah, dan Nasyiatul Aisyiyah).
-
Aktif dalam Kegiatan di berbagai Level Pimpinan Persyarikatan Muhammadiyah.
Kader Muhammadiyah yang Cerdas (mampu berpikir kritis dan mandiri), terwujud dalam bentuk:
-
Mengambil Keputusan dengan Pertimbangan yang Tepat.
-
Merefleksi Pemikiran dan Proses Berpikir.
-
Menganalisis dan Mengevaluasi Penalaran.
-
Objektif dalam Memproses Informasi dan Gagasan.
-
Bertanggung Jawab dalam Proses dan Hasil Belajarnya.
-
Mampu Mengatur Dirinya Sendiri.
Kader Muhammadiyah yang Berprestasi (Unggul dalam Prestasi dan Berwawasan Global), terwujud dalam bentuk:
-
Mengenal dan Menghargai Budaya.
-
Memiliki Kemampuan Berkomunikasi Interkultural.
-
Mampu Menghargai Kebhinnekaan.
-
Berpikir Terbuka dalam Berinteraksi dengan Budaya Lain.
-
Melestarikan Budaya Luhur Bangsa.
-
Disiplin Waktu.
-
Berani Mengambil Resiko.
-
Menyukai Tantangan, Pantang Menyerah dan Gigih.
-
Kreatif, Inovatif dan Mempunyai Optimisme yang Kuat.
-
Mempunyai Jiwa Leadership.
-
Berorientasi Pada Proses.
-
Peduli Lingkungan.
-
Ramah Anak.
MISI
-
Mengembangkan Kegiatan-Kegiatan Keagamaan sehingga Terwujud Warga Sekolah yang Beriman dan Bertaqwa Kepada Allah Swt.
-
Meningkatkan Kemampuan Warga Sekolah dalam Mengamalkan Nilai-Nilai Keislaman dan Kemuhammadiyahan.
-
Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Mandiri Peserta Didik melalui Berbagai Kegiatan Akademik Maupun Non Akademik.
-
Mewujudkan Warga Sekolah yang Berwawasan Global sehingga Memiliki Keunggulan di Tingkat Lokal, Nasional maupun Internasional.
-
Mewujudkan Warga Sekolah yang Mempunyai Jiwa Entrepreneur.
-
Terwujudnya Standar Proses Pembelajaran yang Berorientasi Pada Perkembangan Ilmu Pengetahuan, Teknologi, Seni, Budaya dan Lingkungan Hidup.
-
Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Intercultural dalam Berinteraksi dengan Sesama.
-
Melakukan Refleksi dan Bertanggung Jawab terhadap Pengalaman Kebhinekaan.
-
Melengkapi Fasilitas Penunjang Sekolah Literat.
-
Melaksanakan Pembelajaran yang Melatih Kemampuan Literasi dan Numerasi.
-
Melaksanakan Evaluasi Pembelajaran Berbasis Literasi dan Numerasi.
-
Menumbuhkan Sikap, Karakter Peduli dan Pelestari Lingkungan.
-
Melaksanakan Program Sekolah Ramah Lingkungan.
-
Mewujudkan Lingkungan Sekolah yang Asri dan Sejuk.
-
Melengkapi Fasilitas Penunjang Sekolah Sehat.
-
Mengikuti Pendidikan dan atau Pelatihan yang relevan dengan Mata Pelajaran yang diampu untuk dapat Meningkatkan Kualitas Pengetahuan, Keterampilan dan Wawasan Guru agar lebih Profesional.
-
Memfasilitasi Kegiatan Ekstrakurikuler Pilihan berdasarkan Minat dan Potensi Peserta Didik dalam Segala Bidang.
-
Mewujudkan Pendidikan yang Mengedepankan Pembentukan 8 Dimensi Profil Lulusan.
-
Melaksanakan Proyek Kokurikuler untuk Menunjang 8 Dimensi Profil Lulusan untuk Seluruh Peserta Didik.
-
Mengintegrasikan Nilai 8 Dimensi Profil Lulusan dan Profil Pelajar Berkemajuan dalam Perencanaan Pembelajaran, Pelaksanaan Pembelajaran dan Penilaian.
-
Mengintegrasikan Nilai 8 Dimensi Profil Lulusan dan Profil Pelajar Berkemajuan dalam Kegiatan Pembiasaan Rutin Sekolah dan Budaya Sekolah.
-
Mewujudkan Pendidikan menggunakan Pendekatan atau Model yang Beragam.
-
Melakukan Kegiatan Belajar Mengajar dengan Menggunakan Model yang Beragam.
-
Melakukan Pembiasaan bagi Peserta Didik untuk Melaksanakan Tugas dalam Bentuk Proyek.